Penjelasan Terlengkap tentang Pengertian Iklan,
Ciri-Ciri , Syarat dan Jenis Jenis Iklan Berdasarkan
Kategori
Ø Pengertian Iklan
Iklan
merupakan informasi yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai
supaya tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
Menurut istilah, iklan berasal dari bahasa Yunani yang berarti menggiring
orang-orang kepada gagasan.
Ø Ciri-Ciri Iklan
- Mengunakan
kata yang menarik, tepat, logis dan sopan
- Menggunakan
kata yang mudah dimengerti dan mudah diingat oleh konsumen
- Menarik
perhatian konsumen
- Iklan
haruslah komunikatif dan informatif
Ø Syarat Iklan
- Penggunaan
bahasa dan kata harus tertata dan tidak memiliki arti ganda
- Menggunakan
bahasa yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat
- Iklan
dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, dan target
- Tidak
boleh merendahkan atau menghina perusahaan lain
- Iklan
dibuat dengan jujur sesuai dengan produk yang ditawarkan
Ø Manfaat Iklan
Manfaat
iklan untuk produsen antara lain:
- Produk
menjadi lebih terkenal di masyarakat
- Perusahaan
memperoleh keuntungan dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk
karena iklan
Manfaat
iklan untuk masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai
produk yang akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang
tepat untuk digunakan.
Ø Jenis Jenis Iklan
Berdasarkan Medianya
- Iklan
Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu - Iklan
baris, merupakan iklan yang hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan
luas iklan tidak melebihi satu kolom
- Iklan
kolom, merupakan iklan yang memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi
dibanding iklan baris.
- Iklan
display, merupakan iklan yang memiliki ukuran lebih luas dibandingkan
iklan kolom.
- Iklan
elektronik
Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik iklan elektronik berupa, antara lain - Iklan
radio, yaitu iklan yang dipublikasikan lewat radio, biasanya berupa
kombinasi antara voice dan efek suara (sound effect).
- Iklan
Televisi, yaitu iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa
komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
- Iklan
internet, yaitu iklan yang yang dipublikasikan melalui internet, iklan
internet ada yang didengar ada pula hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
- Iklan
komersial, yaitu iklan yang
bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi 2 yaitu,
- iklan
tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan
strategis (iklan yang membangun merk dagang)
- Iklan
non komersial, yaitu iklan yang digunakan
untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana tujuan
akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Kaidah Bahasa, Jenis
dan Contoh Teks Iklan Lengkap
Teks iklan adalah
sebuah media yang atau wadah cara mempromosikan atau memasarkan berbagai macam
produk yang sangat efektif kepada konsumen. Tujuan teks iklan yaitu untuk
memperkenalkan suatu produk baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna
menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, mengkonsumsi dan
menggunakan produk yang diiklankan.
Ø
Fungsi Teks Iklan
Ø
Struktur Teks Iklan
Ø
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Ø
Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Ø
Jenis Teks Iklan
Adapun macam-macam jenis teks iklan diantaranya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar