Ø Definisi Teks Iklan
Teks iklan
adalah sebuah Media Promosi efektif yang dipakai untuk mempromosikan
atau memasarkan produk kepada konsumen. Daya jangkaunya yang masif dan luas
memungkinkan produk yang diiklankan tersebut menyentuh target pasar yang
diincar.
Seperti yang
disebutkan, iklan memungkinkan produk—baik barang atau jasa—dikenali konsumen
sehingga mereka mau membeli atau mengonsumsinya.
Kini,
persaingan di dunia periklanan pun semakin ketat dengan kian bertambahnya media
dalam beragam format. Dari radio, televisi, media cetak, hingga Konten Online.
Hal ini yang
mendorong kreator iklan untuk terus berinovasi dalam menciptakan karyanya agar
tak hanya membantu klien, tapi juga menunjukkan mutu iklan yang berkelas dan
berbobot.
Ø Fungsi Teks Iklan
Secara
garis besar, teks iklan memuat pesan untuk memperkenalkan produk kepada
masyarakat. Akan tetapi, ada satu perbedaan yang membuat teks iklan berbeda
dengan pengumuman biasa,
Yakni
sifatnya yang lebih persuasif agar target pasar mau membeli atau memakai produk
yang dipromosikan. Selain itu, teks iklan juga mempunyai sejumlah fungsi
seperti:
1. Media Informasi untuk
menyampaikan informasi sebuah produk, ciri-ciri, dsb;
2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
3. Media pengingat/reminder untuk mengingatkan para konsumen perihal produk tertentu agar mereka berlangganan atau terus memakainya.
2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
3. Media pengingat/reminder untuk mengingatkan para konsumen perihal produk tertentu agar mereka berlangganan atau terus memakainya.
Ø Struktur dalam Teks Iklan
Bila ingin
membuat Iklan yang baik, Teks iklan tidak bisa dibuat sembarangan. Ada struktur
yang harus Anda patuhi. Struktur ini pun akan membantu Anda dalam menyusun
konten iklan tersebut, antara lain:
1. Judul
Ditempatkan di bagian teratas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan judul dalam konten. Sebagian iklan malah hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas;
Ditempatkan di bagian teratas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan judul dalam konten. Sebagian iklan malah hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas;
2. Nama produk.
Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan;
Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan;
3. Deskripsi produk.
Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan produk yang akan dijual serinci dan sepadat mungkin. Deskripsi biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon atau surel) yang dapat dihubungi.
Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan produk yang akan dijual serinci dan sepadat mungkin. Deskripsi biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon atau surel) yang dapat dihubungi.
Ø Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Berikut ini ada sejumlah ciri bahasa dalam teks iklan yang
dapat Anda terapkan.
1. Memakai Slogan
Anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama pasti akan selalu menjumpai slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat dalam slogan perlu dibuat menarik, mencolok, dan mampu menyedot perhatian dari calon konsumen. Slogan yang terdiri dari empat hingga lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.
Anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama pasti akan selalu menjumpai slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat dalam slogan perlu dibuat menarik, mencolok, dan mampu menyedot perhatian dari calon konsumen. Slogan yang terdiri dari empat hingga lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.
2. Bersifat Persuasif
Seperti yang telah disinggung, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk perlu diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan pemakaian kalimat bersifat persuasif adalah untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk memakai produk yang dipromosikan tanpa unsur memaksa.Ada banyak contoh kalimat persuasif yang bisa Anda pelajari, salah satunya murah, cepat, dan andal.
Seperti yang telah disinggung, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk perlu diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan pemakaian kalimat bersifat persuasif adalah untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk memakai produk yang dipromosikan tanpa unsur memaksa.Ada banyak contoh kalimat persuasif yang bisa Anda pelajari, salah satunya murah, cepat, dan andal.
3.
Memakai POV I
Pemakaian point of view atau sudut pandang juga akan mempengaruhi konten iklan. Sebaiknya Anda menggunakan sudut pandang orang kesatu dengan subjek aku, saya, atau kami yang biasanya dipakai sebagai pengganti pihak pemasang iklan.
Pemakaian point of view atau sudut pandang juga akan mempengaruhi konten iklan. Sebaiknya Anda menggunakan sudut pandang orang kesatu dengan subjek aku, saya, atau kami yang biasanya dipakai sebagai pengganti pihak pemasang iklan.
Pemakaian
sudut pandang orang kesatu dianggap dapat mendekatkan produsen dengan calon konsumen.
CONTOH IKLAN & JENIS-JENIS IKLAN
Setelah
mengenal struktur dan kaidah kebahasaan, sekarang saatnya Anda mengetahui
jenis-jenis iklan. Sebenarnya, bentuk iklan yang dimanfaatkan cukup banyak dan
8 di antaranya adalah:
1. Contoh
Iklan Produk
Sesuai namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang
dibuat untuk menjual atau mempromosikan sebuah produk, baik barang maupun jasa.
Iklan produk sering kali disebut sebagai ikan niaga dan bertujuan untuk
mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu. Jenis iklan ini adalah salah
satu yang paling sering ditemukan;
Contoh Teks Iklan Produk Floridina
Mulai hari dengan yang fresh, be ready go with floridina, floridina jeruknya florida orange, real fresh, real orange pulp, so juicy!! floridina fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak dinikmati dimana aja, .. floridina with real orange pulp. SO JUICY!!
2. Contoh
Iklan Baris.
Jenis iklan ini hanya terdiri dari 3 sampai 4 baris saja.
Ruang yang terbatas ini akan mendorong Anda untuk membuat konten yang padat,
sederhana, tapi bermakna. Iklan baris bisa dimanfaatkan untuk menjual barang
dan jasa hingga mencari jodoh. Tarifnya pun beragam dan disesuaikan dengan
jumlah kata dan baris yang Anda inginkan;
Karena
keterbatasan tempat. Biasanya penulisan Iklan Baris banyak
menggunakan singkatan-singkatan agar semua informasi termuat dalam iklan.
Contoh Teks Tulisan Iklan Baris ;
TANAH
DIJUAL BANDUNG
Jl. Buah Batu L,370m. bgs. hdp timur
184m²&180m², jln lebar. aks tol dkt
CP. 0816271181, 085672316753
Jl. Buah Batu L,370m. bgs. hdp timur
184m²&180m², jln lebar. aks tol dkt
CP. 0816271181, 085672316753
MOTOR
DIJUAL
Honda Beat ESP Hitam Th. 2016.
Mls Spt Motor br. Km:075, Plat D
9jt. Nego Hp.08123728292
Honda Beat ESP Hitam Th. 2016.
Mls Spt Motor br. Km:075, Plat D
9jt. Nego Hp.08123728292
3. Contoh
Iklan Kolom
Berbeda
dengan iklan baris yang mendatar dan terbatas, iklan kolom tampil secara
memanjang dan luas (bisa sampai 1 halaman). Tak hanya tulisan, biasanya iklan
kolom menyertakan konten lain seperti gambar atau foto. Maka iklan kolom pada
umumnya dimanfaatkan untuk menjual kendaraan dan ucapan duka cita yang biasanya
memakai potret atau grafis lainnya;
4. Contoh
Iklan Layanan Masyarakat
Tidak
seperti iklan lainnya yang bersifat komersil, iklan layanan masyarakat justru
dibuat untuk menyampaikan informasi penting. Contohnya program keluarga
berencana, penanggulangan bencana, sampah, go green dan pencegahan narkoba.
Iklan ini akan sering Anda jumpai di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas
publik lainnya;
5. Contoh Iklan Penawaran
Sekilas, jenis iklan ini tampak sama dengan iklan produk.
Akan tetapi, iklan penawaran dipakai untuk menawarkan barang atau jasa.
Contohnya, iklan tempat bimbingan belajar, investasi, penawaran perumahan,
apartement dll.
6. Contoh Iklan Lowongan Kerja
Seperti namanya, iklan lowongan kerja biasanya diisi
perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru. Sejumlah koran masih menyertakan
halaman khusus yang diisi informasi seputar lowongan kerja yang dikategorikan
agar mudah ditemukan. Jika Anda hendak membuat iklan lowongan kerja, pastikan
tertera kontak yang bisa dihubungi;
7. Contoh
Iklan Jasa
Cara membuat iklan dalam bahasa jawa sama seperti kaidah
pembuatan iklan secara umum. Hanya saja, Ketika membuat iklan bergenre daerah,
seperti iklan jawa, sunda atau sebagainya. Akan lebih baik bila menggunakan
kalimat- kalimat yang familiar di telinga mereka
Contoh Teks Iklan atau Kalimat Iklan Bahasa Jawa
SAMPO LIFEBUOY
Apa sing berkilau, kuwat lan arum?
Rasa lembut, lebat, mengembang
Rambut awake dhewe rambut awake dhewe
Iki tandane rambut waras kinclong
Karo LIFEBUOY SHAMPO
Milk protein lock formulane manehake keluarga aku lima tanda rambut waras
Rambut waras, kinclong karo LIFEBUOY SHAMPO
Rasa lembut, lebat, mengembang
Rambut awake dhewe rambut awake dhewe
Iki tandane rambut waras kinclong
Karo LIFEBUOY SHAMPO
Milk protein lock formulane manehake keluarga aku lima tanda rambut waras
Rambut waras, kinclong karo LIFEBUOY SHAMPO
BINTANG TUJUH
Mlebu angin, ombe BINTANG
TOEDJOE MASUK ANGIN
Aromaterapine, krasa anget,
angin minggat
Asli herbal, dudu KW KW an Wong
bejo ombe BINTANG TOEDJOE MASUK ANGIN
(sumber: kumpulanmateridantugassmk.blogspot)
10. Contoh Iklan Makanan
Poin
terpenting dalam pembuatan iklan makanan adalah gambar iklan dari produk yang
dijual. Karena, tentu saja hal yang pertama kali menjadi ketertarikan seseorang
terhadap produk makanan adalah dari bentuknya. Sematkan juga beberapa tagline
dan harga dari makanan yang diiklankan.
10. Contoh Iklan Bahasa Inggris
11. Contoh Iklan Niaga Produk Minuman
google images
Iklan niaga adalah iklan yang bertujuan untuk mengenalkan
produk kepada konsumen agar tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang
produksinya. Iklan niaga bisa berupa produk makanan atau minuman dan lain
sebagainya.
12. Contoh Iklan Keluarga
contoh36.blogspot.com
Iklan
keluarga adalah iklan yang isinya berkaitan dengan berita atau hal tentang
kelurga. contoh iklan keluarga misalnya berisi tentang kelahiran, perkawinan,
perceraian atau kematian. Secara umum, iklan jenis keluarga biasanya digunakan
oleh masyarakat yang berasal dari keturunan Tionghoa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar