Perhatikan 5
Rahasia agar Bisnis Online Makin Laku
Melakukan bisnis online tidak sekadar membuat akun media sosial, memotret barang, dan
duduk manis menunggu pelanggan datang ke media sosial. Ada trik-trik tertentu
untuk meningkatkan penjualan.
Banyak pebisnis sukses karena memasarkan bisnisnya melalui media sosial, sebut saja
Kylie Jenner. Wanita muda tersebut berhasil meraup jutaan dolar AS berkas
cerdas memakai media sosial dalam berjualan.
1. Pakai Nama yang Sama untuk Semua Profil Media Sosial
Sangat penting untuk menggunakan nama
yang sama pada semua media sosial, baik itu Instagram, Facebook, Twitter,
LinkedIn, dan lain-lain. Nama yang sama mempermudah kamu untuk
melakukan branding dan selling
.Konsistensi dibutuhkan agar
konsumen mudah mengingat nama dari bisnis/ produk yang kamu jual. Tidak hanya
nama, gunakan logo dan karakter yang sama pada akun di semua sosial media.
Sesuatu yang sederhana seperti mempertahankan merek yang konsisten, username,
memastikan bahwa kamu selalu bisa ditemukan dengan mudah di semua platform.
2.Posting Ulang Konten Testimoni Pelanggan dan Buat Hastagh
Kehadiaran media sosial saat ini kini mampu menjadi wadah baru dalam
menghasilkan uang.Tidak ada testimonial yang lebih baik daripada orang-orang
nyata yang memposting tentang produk kamu di media
sosial. Repost bisa kamu lakukan untuk memperkuat brand bisnis
kamu. Tidak hanya itu, hal ini menarik bagi calon konsumen untuk meningkatkan
kepercayaan terhadap produk yang kamu jual.
Testimoni bisa menjadi iklan yang lebih efektif dibandingkan kamu harus
membayar iklan dengan biaya mahal. Kamu membiarkan pelanggan kamu melakukan
penjualan tanpa paksaan, atau malah kamu bisa kasih rewards untuk
mereka, lho.
Dengan berbagi konten yang
dibuat oleh konsumen yang telah membeli produk kamu artinya kamu sedang
menanamkan kepercayaan. Konsumen tentu menyukai ulasan dan dukungan oleh
pengguna nyata- sehingga tidak salah jika kamu
memberikan rewards untuk mereka yang membuat konten ini.
Jangan lupa
buatlah hashtag yang khas dan buatlah kontes di sosial media untuk
para konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk yang kamu jual.
3.
Selektif Memilih Media Sosial
Buat kamu yang ingin bisnis onlinenya
berkembang, perlu kembali melihat 5 hal ini apakah sudah berjalan baik.
Kamu tidak perlu hadir secara aktif
di setiap platform, tetapi kamu harus memiliki kehadiran yang kuat di platform
tempat audiens kamu aktif.
Misalnya, kamu berjualan
produk clothing dan ternyata pengikut kamu lebih banyak aktif di
Instagram. Cobalah untuk lebih aktif di Instagram agar brand kamu semakin
melekat pada pelanggan. Kamu harus fokus dalam menentukan media
sosial mana yang paling berdampak pada bisnis kamu.
Graham Kramer, CEO dan pendiri
Artemis Venture Capital, dan mitra bisnisnya, David Mendelsohn, mengatakan
mereka menggunakan pemasaran media sosial untuk membantu skala bisnis klien
mereka, dan salah satu hal yang mereka fokuskan adalah dengan menargetkan platform
media sosial yang benar.
4. Sesuaikan Gaya Komunikasi
Tak bisa dipercaya, beberapa artis
Hollywood ini rupanya tak memiliki akun media sosial. Ketika membangun hubungan
dengan konsumen, penting agar kamu menggunakan bahasa sehari-hari mereka. Ini
langkah yang tepat untuk bisa mendorong audiens melakukan tindakan tertentu-
seperti: memberikan komentar pada postingan kamu, menandai teman mereka, atau
bahkan membeli salah satu produk kamu.
Cara hebat untuk menunjukkan
bahwa kamu memahami target konsumen adalah dengan berbicara menggunakan kata
kunci, frase, atau emoji untuk membuat mereka merasa dekat dengan kamu.
Kedekatan personal dibangun dan
membuat mereka lebih mudah menangkap pesan-pesan promosi yang kamu lakukan.
Cobalah melakukan pendekatan kepada target konsumen dengan menggunakan bahasa
mereka.
5.
Pastikan Memiliki Tautan Menuju Situs
Pada akhirnya untuk mendorong
pembelian dari sosial media adalah mengubah followers kamu
menjadi pelanggan. Bagaimana caranya? Jika kamu mengarahkan dengan cara yang
rumit, maka calon pelanggan pasti akan beralih ke tempat lain.
Buatlah cara yang mudah bagi
pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan tautan di sosial media.
Sehingga cukup dengan klik pada postingan di sosial media kamu bisa langsung
terhubung ke situs web kamu. Kamu juga bisa menambahkan tautan
di bio kamu.
Jika pengguna tidak bisa
mengakses halaman produk kamu dalam satu atau dua click, berarti
konversi kamu sangat rendah. Jaringan sosial terus melakukan perubahan untuk
membantu pengguna bisnis mereka, salah satu contohnya
adalah tagging dalam Instagram.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar