10
Strategi Meningkatkan Penjualan Online Shop. Melakukan bisnis online shop memang
mudah dan dapat dilakukan oleh banyak orang dan bahkan hampir semua kalangan
dapat melakukan bisnis online shop. Kemudahan dalam berbisnis online
shop sering kali dijadikan ajang penjualan secara asal-asalan
atau bahkan dijadikan sebagai ajang penipuan semata. Banyak para pembeli yang
memang sudah tidak mempercayai adanya keamanan dalam transaksi bisnis online
shop.
Hal tersebut jelas sangat merugikan para pebisnis online
shop yang benar-benar menekuni bidang ini dan pastinya tidak mempunyai maksud
negatif. Kebanyakan dari mereka mendapatkan nilai yang jelek pula seperti
dengan bisnis-bisnis online shop sebelumnya yang memiliki niat tidak baik. Hal
demikian sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan penjualan bisnis
online shop dalam negeri, khususnya untuk para pebisnis online shop yang
bertujuan baik.
Mendapatkan kepercayaan masyarakat dari suatu citra yang
baik untuk meningkatkan penjualan produk memang tidaklah mudah. Banyak diantara
para pebisnis online shop yang gagal dalam mengambil simpati serta mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat sehingga produk yang dipasarkan tidak laku terjual,
padahal mereka tidak semuanya memiliki niat yang buruk. Untuk meningkatkan
penjualan bisnis online shop dan menarik kepercayaan para pembeli, ada beberapa
hal harus di perhatikan. Berikut 10 strategi
meningkatkan penjualan online shop :
1. RENCANAKAN STRATEGI
Langkah awal yang penting sebelum action adalah buat list
rencana strategi penjualan. Online shop perlu menerapkan ini, misalnya
penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi apa saja yang akan
dilakukan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang akan menjalankan
strateginya, dll.
2. MAKSIMALKAN TWITTER
Banyak yang tahu strategi Twitter, tapi hanya sedikit yang
memaksimalkannya:
– Fokus pada konten
– Bangun komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan konsisten
Twitter dengan follower yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online shop.
– Fokus pada konten
– Bangun komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan konsisten
Twitter dengan follower yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online shop.
3. MAKSIMALKAN FACEBOOK
Maksimalkan Facebook untuk membangun interaksi dan memperbesar
kunjungan di website kita:
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads
4. MAKSIMALKAN DATABASE
Jangan anggap remeh database, database menjadi cara ampuh untuk
memperbesar penjualan di masa mendatang, database misalnya adalah list daftar
nama pembeli, nomor HP pembeli, PIN BB pembeli, atau alamat email mereka.
Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.
Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.
5. EKSEKUSI STRATEGI
Banyak pebisnis sudah tahu strategi di atas, tapi persoalannya
selalu sama, tidak konsisten, belum maksimal, belum menghasilkan, masih
sampingan, belum fokus.
Tips nya, lakukan strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target. Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online shop nya bisa berjalan maksimal.
Ingat, perbesar follower, fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.
Tips nya, lakukan strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target. Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online shop nya bisa berjalan maksimal.
Ingat, perbesar follower, fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.
Pada dasarnya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan
adalah dengan perbanyak pilihan produk. Misalnya, jenis produk, tipe produk,
varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi ini juga salah satu cara
agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.
7. PUNYA TIM PENJUALAN
Tim penjualan adalah ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan
agar kita tidak menjalani bisnis sendirian, usahakan untuk membangun tim yang
solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan
target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang
efektif.
8. PELAYANAN YANG RESPONSIF
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik online
shop adalah memiliki pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan
lambat, ketika ada konsumen yang mau order produk, kita harus cepat melayani
mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa pindah ke pesaing.
9. BANGUN RESELLER
Salah satu ciri online shop yang sukses memiliki tim reseller.
Bangun strategi reseller untuk memperbesar penjualan. Reseller adalah orang
yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan
untuk setiap produk yang dijualnya. Hal penting untuk strategi ini,
usahakan agar reseller diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal
karena sudah diberi training.
Selain website online shop, kita juga bisa menggunakan website
marketplace e-commerce, misalnya tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di
kaskus. Intinya, ini sebagai nilai tambah, channel tambahan untuk mempromosikan
produk kita.
Demikianlah artikel dari kami tentang 10 Strategi
Meningkatkan Penjualan Online Shop Semoga informasi ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat
Indonesia. Salam sukses
Sumber : (https://www.warungrakyat.com/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar